Welcome To My Blog. Enjoy It. Add My Facebook Click Here

Kamis, 23 Februari 2012

Anime Di Indonesia

 Siapa sih yang engga’ tahu anime? Apa sih tujuannya dibuat anime? Anime itu sama seperti film-film layar lebar. Yah, bisa dikatakan anime itu merupakan bagian dari film layar lebar. Jadi tujuan dari pembuatan anime sih hanya untuk menghibur. Cuman ada beberapa hal yang membuat anime berbeda dari film layar lebar lainnya. Ya itu, unsur-unsur yang ada di sebuah film mulai dari gambar, jalan cerita, sampe tokoh dari anime itu sendiri.
Membuat sebuah anime tidaklah gampang. Dibutuhkan beberapa teknik-teknik khusus untuk mendukung itu semua. Seperti teknik pembuatan animasi, penggambaran sebuah karakter, sampai seiyuu nya itu sendiri. Yah, bisa dikatakan membuat anime sama sulitnya dengan membuat film layar lebar dengan efek-efek khususnya. Yang mengurusi masalah-masalah animasi di sebuah anime disebut animator. Ok, cukup basa-basinya. Langsung aja ke topiknya.

Jaman sekarang, anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan. Seperti yang pernah saya sunting di wikipedia, anime saat ini tidak lagi menjadi sebuah hiburan biasa. Sekarang, banyak orang yang mengumpulkan dan menonton anime sebagai hobi yang bisa dibilang bukan hobi biasa. Dan lagi, anime jaman sekarang sudah sangat berubah jika dibandingkan dengan anime di saat pertama kali dibuat. Di Indonesia saja, sudah banyak orang yang menonton anime sebagai sebuah kegiatan yang wajib. Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi perkembangan anime di Indonesia.
Akan tetapi, ada saja orang khususnya orang-orang Indonesia yang menjelekkan anime. Mereka menganggap anime itu hanya sebuah tontonan anak kecil yang ceritanya tidak menarik. Sayangnya, mereka-mereka ini tidak cukup paham dengan anime jaman sekarang. Jika anda lihat, banyak anime jaman sekarang yang ceritanya sudah masuk cerita remaja dan dewasa. Tentu saja, anime ini diperuntukkan untuk remaja dan dewasa. Tidak mungkin anime ini diperuntukkan untuk anak-anak. Jadi kebanyakan dari orang-orang Indonesia yang masih salah pengertian akan anime itu sendiri.
Potensi perkembangan anime di Indonesia sangatlah besar. Jika dilihat dari jumlah penduduk, sekitar 10%-20% penduduk Indonesia menyukai anime. Akan tetapi, banyak kendala yang dihadapi mereka. Salah satunya fasilitas untuk men-download sebuah anime. Yah, bisa dikatakan keterbatasan ekonomi yang membuat mereka tidak mendapatkan fasilitas download itu. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengambil jalan lain, yaitu dengan membeli dvd/vcd bajakan yang dijual di toko maupun eceran. Pembajakan adalah sebuah tindakan yang sangat tercela. Pembajakan berarti mencuri, dan ‘merusak’ karya orang. Inilah yang sedang terjadi di Indonesia. Pembajakan sekarang pun akhirnya merambah ke anime yang sebelumnya bermain di sektor musik, software-software. Sebenernya kita pengen agar tidak ada lagi pembajakan anime terjadi di Indonesia. Akan tetapi, jika kita ‘matikan’ pembajakan ini, maka perkembangan anime di Indonesia pun juga terkena dampaknya. Jadi apa yang harus kita lakukan?
Menurut saya, seharusnya Indonesia membuat suatu organisasi yang nantinya bertugas untuk mengkoordinasi distribusi anime ke masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan pembajakan anime di Indonesia. Lalu penerimaan organisasi tersebut didapati dari sponsor-sponsor yang mendukung organisasi tersebut. Mungkin ini salah satu jalan yang terbaik untuk mendukung perkembangan anime di Indonesia. Sumber : http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_13736/title_anime-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

Qia's Blog © 2008 Template by:
SkinCorner